Apakah Liga Italia Serie A Musim Ini Akan Dihentikan Karena Virus Corona ?

Apakah Liga Italia Serie A Musim Ini Akan Dihentikan Karena Virus Corona ?

Fromaloft.info – Italia menjadi salah satu pusat dari penyebaran virus corona di benua Eropa. Oleh sebab itu pertandingan sepakbola negara tersebut pun terkena imbasnya. Presiden Federasi Sepakbola Italia (FIGC) yaitu Gabriele Gravina tidak menutup kemungkinan untuk menghentikan musim kompetisi Liga Italia  Serie A 2019/20 jika nantinya ada pemain yang dinyatakan positif mengidap virus corona.

Italia merupakan salah satu pusat penyebaran virus tersebut di benua Eropa, dengan 5.883 orang terinfeksi hingga hari Minggu (8/3) pagi WIB. Sementara 233 orang di antaranya meninggal dunia dan 589 orang lainnya sudah berhasil dinyatakan sembuh.

Virus yang berasal dari Wuhan, Tiongkok itu menyerang berbagai sendi kehidupan dan tak terkecuali sepakbola di Liga Italia. Pada pekan lalu saja, sudah ada enam pertandingan yang dibatalkan termasuk partai Juventus melawan Inter Milan. Namun partai ini kemudian dijadwal ulang menjadi hari Senin (9/3) dini hari WIB nanti.

Baca Juga : Topcash18

Otoritas di Italia memang melarang adanya suporter di semua cabang olahraga hingga setidaknya tanggal 3 April mendatang. Namun presiden FIGC, Gravina pun mengakui bahwa situasi yang ada bisa saja jadi memburuk. Oleh sebab itu ia tidak menutup kemungkinan untuk menghentikan liga musim ini jika ada atlet atau pemain yang terinfeksi virus Corona.

Presiden Asosiasi Pesepak Bola Italia Minta Liga Dihentikan

Presiden Asosiasi Pesepak Bola Italia, Damiano Tommasi, meminta seluruh kegiatan sepak bola di negaranya dihentikan. Permintaan Tommasi tersebut didasari oleh merebaknya virus corona di Italia.

Virus corona di Italia telah menyebar dengan cepat. Berdasarkan laporan BBC, sudah ada 5.883 orang yang terjangkit virus corona di Italia dengan korban tewas lebih dari 230 orang pada Sabtu (7/3/2020) waktu setempat.

Akibat, Pemerintah Italia memutuskan untuk mengisolasi region Lombardia yang terletak di Italia Utara. Orang-orang di sana tak boleh berpindah kota, kecuali darurat atau komitmen kerja. Namun, per Football Italia, larangan ini tak berlaku buat pesepak bola akibat komitmen kerja mereka.

Liga Italia, khususnya Serie A, sebenarnya sudah mengambil langkah untuk mengantisipasi virus corona. Semua laga Serie A 2019/2020 digelar tanpa penonton setidaknya sampai 3 April. Selain itu, beberapa laga harus mendapatkan penjadwalan ulang.

Namun, itu tak cukup bagi Tommasi. Pria yang membawa AS Roma menjuarai Serie A 2000/2001 itu menyatakan via Twitter bahwa segala aktivitas sepak bola di Italia mesti dihentikan. “Mari hentikan liga! Apalagi yang kita perlukan? Hentikan semua kegiatan sepak bola!” cuit Tommasi dengan tagar #healthcomesfirst.

Permintaan Tommasi ini disepakati oleh Mario Balotelli. Penyerang asal Italia yang kini bermain di Brescia tersebut mengunggah tangkapan layar pernyataan Tommasi ke Instagram Stories-nya, lalu mengemukakan idenya.

Di mata Balotelli, uang dari bermain sepak bola tak setimpal dengan risiko yang mengintai kesehatan semua orang yang terlibat. “Saya sepakat dengan Anda (Tommasi) 100%. Uang tak setimpal dengan kesehatan kami. Kami mesti sadar. Saya mencintai sepak bola lebih dari Anda semua,” tulis Balotelli dilansir Football Italia.

Permintaan Tommasi dan Balotelli memiliki kemungkinan untuk terealisasi. Pasalnya, Presiden Federasi Sepak Bola Italia (FIGC), Gabriele Gravina, sempat menyatakan bahwa Serie A bisa ditangguhkan apabila ada pemain yang terjangkit virus corona.

“Apabila ada pemain Serie A yang positif terjangkit virus corona, kami mungkin akan menangguhkan liga. Kami mesti realistis. Dalam situasi ini, kami harus melakukan apa pun untuk menjamin hal yang terpenting, yaitu kesehatan para atlet kami,” kata Gravina kepada Rai Sport.

admin

Related Posts

Yang Menarik Dari Kemenangan Manchester United Atas Manchester City

Yang Menarik Dari Kemenangan Manchester United Atas Manchester City

Juventus Tertarik Untuk Merekrut Bek Manchester United Ini

Juventus Tertarik Untuk Merekrut Bek Manchester United Ini

Tawaran Gila Jika Barcelona Memang Serius Ingin Datangkan Lautaro Martinez

Tawaran Gila Jika Barcelona Memang Serius Ingin Datangkan Lautaro Martinez

No Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *